Langkah Sambung Pucuk Bibit Kakao (Kopi Coklat)

Langkah Sambung Pucuk Bibit Kakao (Kopi Coklat) – Biasanya beberapa petani selagi ini perbanyak kakao atau seringkali disebut kopi coklat lewat cara generatif (Biji), sedang lewat cara generatif hasil produksinya (Berbuah) tidak maksimum serta watktu produksinya lama pada 4-6 th. baru berbuah.

Tetapi dengan berjalannya saat di jaman yang saat ini telah banyak tehnologi untuk buat tanaman kakao jadi lebih cepat berproduksi (Berbuah) serta gampang dalam perawatanya yakni lewat cara vegetatif satu diantaranya sambung pucuk.

Langkah Sambung Pucuk Bibit Kakao (Kopi Coklat) itu yaitu penyambungan pada bibit bawah lokal yang sehat serta perakaran yang baik dengan entres (Mata tunas dari cabang/ranting tanaman induk yang telah dewasa).

Penentuan entres mesti pilih batang yang sehat tidak terserang Vascular Streak Dieback (VSD) tahan dari serangan hama penyakit serta hasil produksi (Buahnya) stabil serta polongnya besar.

Dengan lakukan penyambungan jadi hasil produksinya juga akan bertambah serta sama juga dengan induk entres yang kita tentukan hingga kita bisa menyeragamkan tanaman dalam 1 tempat.

Langkah – Langkah Penyambungan

  • Langkah Sambung Pucuk Bibit Kakao (Kopi Coklat) pertama kita mesti menyemai polong (Biji) kakao lokal selagi 3-4 bln. hingga batang bawahan kakao berdiameter 0, 6 atau sebesar batang rokok.
  • Baru lah kita potong batang bawah usahaan pemotongan diatas daun paling bawah minamal tersisa daun paling bawah 4 helai, lantas belah batang bawah pas ditengah – tengah sisa potongan sedalam 2-3 cm memakai pisau stek atau pisau kater yang bersih.
  • Lalu sayat entres unggul yang telah kita tentukan jadi seperti baji lalu masukakan entres yang telah kita sayat ke batang bawah yg sudah kita belah, upayakan kulit entres serta batang bawah melekat lalu ikat memakai plastik es atau tali rapiah.
  • Lantas gunakan sungkup dari plastik es balon lalu biarlah selagi 3 hari tak perlu disiram sesudah 3 hari baru disiram 2 kali sahari atau saksikan keadaan tanah apabila masih tetap basah cukup satu hari sekali saja.
  • Sesudah usai kita sambung letakkan bibit sambung dibawah naungan dapat memakai paranet atau daun kelapa.
  • Sesudah 1bln baru keluar tunas baru dari entres yang mengisyaratkan penyambungan berhasil apabila tidak keluar bermakna itu tidak berhasil, baru lalu terlepas sungkup es balon dari bibit sambungan serta semprotkan fungisida pada bibit sambungan.
  • Sesudah sambungan berhasil jadi kita mesti seringkali mencermati pertumbuhanya lebih sebaiknya sekali lagi diberi penyemprotan pupuk daun supaya pertumbuhannya baik.
  • Sesudah 1, 5bln baru terlepas tali yang mengikat batang bawah serta entresnya supaya nutrisi dari batang bawah bisa mengalir lancar ke batang atas (entres).
  • Sesudah 3-4 bln. dari sambungan jadi baru tanaman kakao (Kopi Coklat) siap kita tanaman di tempat yang sudah disediakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Navigation